LDII Dorong Perubahan dan Kesadaran Lingkungan dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Jakarta (10/1) – Hari Lingkungan Hidup Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 10 Januari, menjadi momentum bagi LDII untuk mengungkapkan strategi perbaikan kualitas udara di tengah tantangan polusi udara yang tinggi di Indonesia. Berdasarkan laporan Kualitas Udara Dunia IQAir, Indonesia menempati peringkat ke-17 sebagai salah satu negara dengan konsentrasi PM2,5 mencapai 34,3 μg per meter kubik.

Pengurus Departemen Litbang, IPTEK, Sumberdaya Alam dan Air (LISDAL) DPP LDII, Atus Syahbudin, menjelaskan bahwa Indeks Kualitas Udara (IKU) diperoleh dari pengukuran kadar sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2) di udara. Menanggapi data tersebut, LDII mengajak semua elemen bangsa untuk bersama-sama memprioritaskan perbaikan kualitas udara sebagai langkah nyata dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

Atus Syahbudin menekankan pentingnya edukasi lingkungan hidup sejak dini di tingkat keluarga. “Semua keluarga memerlukan edukasi tentang lingkungan hidup sejak dini,” ujarnya. LDII mendorong aksi kecil berskala rumah tangga, seperti meningkatkan tutupan lahan dengan menanam pepohonan dan mengurangi sumber emisi dari rumah tangga untuk menciptakan udara bersih.

Selain itu, LDII mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dan solar dengan membudayakan berjalan kaki atau bersepeda. Program “Kelompok Sedekah Sampah Berbasis Masjid” yang telah diinisiasi oleh LDII DIY menjadi contoh konkretnya. LDII juga menyoroti pentingnya tidak membuang sampah ke dalam badan air untuk mencegah pencemaran.

Atus Syahbudin menyarankan agar sekolah, majelis taklim, musholla, dan masjid menerapkan konsep eco-masjid, eco-pesantren, serta melaksanakan skema “Program Kampung Iklim.” Selain itu, dalam program Go Green sejak 2008, LDII telah menanam 4 juta pohon di seluruh Indonesia dan membangun arboretum di Perkebunan Teh Jamus, Ngawi, Jawa Timur, untuk penelitian tanaman endemik. LDII berkomitmen untuk terus mendukung upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri melalui inisiatif-inisiatif berkelanjutan.

Dita Lines

Learn More →

Leave a Reply