Menjaring Pesilat Berbakat Melalui Turnamen ASAD

Bogor (29/01) – Pengurus Ranting ASAD Kecamatan Ciluengsi menggelar turnamen tanding pencak silat kategori umur 9-13 tahun di aula serba guna kawasan Cileungsi, pada Minggu 28, Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan generasi penerus di sekitar wilayah kecamatan Cileungsi.

Menurut Ketua Pengurus Ranting ASAD Cileungsi, Yuliananto, turnamen ini menjadi bagian penting dari pembinaan generasi muda dalam olahraga pencak silat. Yuliananto berharap bahwa turnamen ini akan mencetak pesilat-pesilat muda berbakat yang dapat mewakili kabupaten Bogor di tingkat nasional.

“Kegiatan ini akan kami adakan secara rutin sebagai indikator kemajuan pembinaan pencak silat ASAD di ranting kami. Kami berharap dapat menemukan pesilat cilik berbakat yang dapat kami didik untuk mewakili kabupaten Bogor,” ujar Yuliananto.

Pembina Pengurus Ranting ASAD Kecamatan Cileungsi, Yahya Tri Laksana, menekankan pentingnya pembinaan mental dan fisik selain pembinaan spiritual bagi generasi muda. Menurutnya, hal ini akan membentuk generasi penerus yang handal dan berintegritas di masa depan.

“Kami ingin anak-anak binaan kami menjadi generasi yang profesional dan religius melalui pencak silat ASAD. Selain keterampilan bela diri, kami juga memberikan pembinaan akhlak dan agama setelah setiap sesi latihan untuk menjaga kerendahan hati dan sikap yang baik dalam pergaulan,” ungkap Yahya.

Yahya mengkhawatirkan adanya pesilat yang tidak menggunakan ilmu pada tempatnya, sehingga malah merugikan warga sekitar dan mengganggu keamanan, ”Itu semua karena kurangnya pendidikan akhlak dan agama, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara keahlian ilmu bela diri dan akhlaknya.” ucap Yahya.

Sementara itu, Wakil Ketua IPSI Kabupaten Bogor Waluyo, menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar turnamen ini dapat dijadwalkan secara rutin supaya regenerasi di bidang olah raga pencak silat bisa berkesinambungan.

“Saya ingin ada pesilat-pesilat handal yang lahir di kabupaten Bogor ini, nantinya akan mewakili Indonesia dan mengharumkan nama bangsa melalui cabang olahraga pencak silat.” tutur Waluyo.

Dita Lines

Learn More →

Leave a Reply