Generasi Muda LDII: Fokus pada Lingkungan, Bukan Politik

Jakarta, 20 Januari – Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, menyoroti perhatian tinggi generasi milenial dan Z terhadap isu lingkungan hidup, dibandingkan dengan fokus politik. Menurutnya, para generasi muda ini membedakan diri dengan politisi, karena mereka melihat masalah lingkungan sebagai tanggung jawab jangka panjang yang melibatkan masa depan bumi.

“Inilah yang membedakan mereka dengan politisi nasional dan global, mereka sangat perhatian terhadap kerusakan lingkungan. Karena dalam beberapa dekade mendatang, merekalah yang mewarisi bumi. Bukan politisi hari ini,” ungkap Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso. Menurutnya, politisi hanya mementingkan kondisi hari ini atau lima tahun ke depan, tapi generasi milenial dan Z, memikirkan bumi ini hingga satu abad ke depan.

Menanggapi isu pemanasan global dan pencairan lapisan gletser, KH Chriswanto mengungkapkan bahwa Indonesia termasuk delapan negara di Asia yang terancam tenggelam pada 2050. Ia memandang perhatian terhadap lingkungan sebagai langkah strategis untuk menjadi pahlawan dunia, bukan hanya menyelamatkan Indonesia tetapi juga menyelamatkan dunia.

LDII Berkomitmen pada Peduli Lingkungan

Sejak tahun 2007, LDII telah aktif menggalakkan gerakan peduli lingkungan hidup, termasuk penanaman pohon, kampanye hemat kertas, dan kegiatan zero waste. Menurut KH Chriswanto, peduli terhadap lingkungan adalah langkah strategis untuk menciptakan dunia yang sehat bagi generasi mendatang.

Ketua DPP LDII Koordinator Bidang Litbang, IPTEK, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Sudarsono, menambahkan bahwa LDII tidak hanya berbicara, tetapi juga bertindak nyata dalam pelestarian lingkungan. Mereka menggelar berbagai kegiatan, seperti mendaur ulang sampah, membersihkan lingkungan, dan mengadakan lomba kreativitas seni mengenai lingkungan hidup.

Lomba Kreativitas Seni Lingkungan sebagai Wujud Aksi

LDII telah melaksanakan lomba kreativitas seni mengenai lingkungan hidup, yang melibatkan Kader Gemilang LDII. Lomba ini terdiri dari empat kategori, mencakup lomba video pendek, lomba mendesain poster, lomba karya tulis atau essai, dan aksi nyata lingkungan hidup. Tujuan lomba ini adalah memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengekspresikan kontribusi mereka terkait isu lingkungan.

Sudarsono menegaskan bahwa kesadaran terhadap lingkungan harus ditanamkan dalam diri generasi muda, karena merekalah yang akan menjadi pahlawan masa depan. DPP LDII juga berencana untuk melanjutkan inisiatif program bersama Griffith University dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Mereka berharap kegiatan semacam ini dapat terus memotivasi Kader Gemilang LDII untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan hidup.

Ia mengungkapkan, ke depan, LDII akan kembali menggelar lomba lingkungan hidup dengan jangkauan yang lebih luas. “Harapannya ini akan kembali diselenggarakan sebagai media untuk para Kader Gemilang LDII agar bisa terus menampilkan karya-karya terbaik mereka,” tutupnya.

Dita Lines

Learn More →

Leave a Reply